Senin, 26 November 2012

PERBEDAAN ANTARA SOFTLENS DAN HARDLEN

Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kacamata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang.

Pada mulanya softlens tidak berwarna alias bening, namun dengan perkembangan zaman dan mode maka banyak bermunculan softlens yang memiliki warna-warna indah dan bahkan ada yang memiliki gambar pada softlensnya.Karena perkembangan zaman dan teknologi, softlens yang awalnya berfungsi sebagai pengganti kacamata untuk penderita gangguan mata kini berubah menjadi artibut mode atau style.


Banyak dari para ABG atau orang dewasa, perempuan maupun pria yang menggunakan softlens hanya untuk kepentingan gaya semata. Mungkin dengan menggunakan softlens maka kita terlihat lebih modis ataupun lebih praktis ketimbang menggunakan kacamata.


sekarang kita akan mengulik perbedaan dari softlens dan hardlens


Jadi perbedaan antara soflens dan hardlens yang sedang banyak diminati orang ini adalah sebagi berikutHard Contact Lens atau biasa dikenal dengan sebutan Hardlens ini terbuat dari bahan baku yang kaku yang bernama Polymethylmethacrylate yang mempunyai sifat tidak menyerap air, tidak mudah terkontaminasi oleh zat pengganggu (seperti sabun atau lotion), tidak mudah rusak atau robek.


walaupun hardlens memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama atau awet dibanding softlens, tapi pada awal pemakaian hardlens, mata kurang merasa nyaman karna hardlens cukup tebal dan kaku, jadi harus mengalami proses penyesuaian pada kelengkungan kornea mata dulu, saat akan melepaskan hardlens darimata pun cukup sulit dan ribet, hardlens juga terkenal mahaaaall...


trus, Softlens, atau juga dikenal dengan nama Soft Contact Lens ini terbuat dari bahan plastik yang punya nama Hydroxyethylmethacrylate jadi karna softlens terbuat dari bahan plastik tadi softlens jadi lentur, mudah menyerap air, tapi kejelekannya disini softlens itu mudah terkontaminasi oleh zat pengganggu (seperti sabun atau lotion) softlens juga mudah rusak atau robek karna ketebalannya yang lebih tipis dari hardlens tapi diameter softlens lebih besar dari hardlens sekitar 13 dan 14.50 mm sedangkan hardlens hanya 8 - 18 mm , softlens juga harus diganti sesuai anjuran produk, jdi kalau masa pemakaiannya udah abis alias kadaluarsa harus beli softlens baru ,

trus bahaya pemakaian softlens tuh juga ada, sedikit deh aku bahas



Dari sebuah penelitian, telah terjadi peningkatan infeksi mata yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani. Penyakit infeksi ini dinamakan Acanthamoeba Keratitis. Acanthamoeba Catellani ini merupakan bakteri yang bisa berkembang di air yang terkontaminasi.Nah, kontaminasi ini biasa terjadi pada tempat penyimpanan softlens Anda. Maka dari itu diwajibkan untuk selalu menjaga kehigienisan softlens dan tempat penyimpanan softlens Anda.


Selain penyakit yang ditimbukan oleh bakteri tadi, masih banyak lagi bahaya yang disebabkan oleh softlens. Salah satu contoh adalah banyak terjadi kebutaan permanen yang disebabkan oleh pemakaian softlen di hawa panas. Hawa panas sangat mudah untuk membuat softlens yang terbat dari plastik tipis ini mencair. Saat mencari, secara otomatis cairan plastik softlens yang panas tersebut masuk kemata dan merusak jaringan mata. Softlens yang mencair tersebut pun dalam merekat kencang pada mata dan sangat suli untuk dilepaskan. Sehingga orang yang mengalami kejadian mengerikan seperti ini sudah dapat dipastikan buta permanen.


Saat menggunakan softlens di depan komputer dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan timbulnya belekan pada mata dan lama kelamaan pandangan mata menjadi kabur. Selain itu softlens yang mengandung air ini dapat menjadi kering lalu mengambil air di permukaan mata sehingga mata kita menjadi perih dan terasa kering.


Hal ini biasa terjadi di ruangan ber-AC, ruangan berhawa panas, terkena debu, dan terkena asap rokok. Hal ini memang bisa diatasi dengan meneteskan cairan softlens dan membersihkan softlens dari debu. Bagi mata yang mudah terkena iritasi disarankan untuk jangan terlalu lama menggunakan softlens.
Saat berkendara dengan menggunakan motor kita juga harus berhati hati, karna angin akan cukup kencang, apalagi kalau sambil ngebut, jadi kalau mau berkendara sebaiknya pakai helm yang mempunyai kaca pelindung di daerah bagian wajah supaya softlens tidak sobek apalagi terbang.
Jadi, intinya kalau mau pake softlens itu harus hati hati dan yang paling penting itu bersih, kalau yang gak bisa bersih mendingan gausah deh, bahayaa..
sekian dari sayaaa, terimakasihhh:) 


2 komentar:

  1. Ok gan. Keren tuh infonya.Ditunggu Update selanjutnya yaa. Saya juga menemukan online shop baru yang dapat dipercaya menjual SoftLens Shop x2 dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim.
    Buruan..

    BalasHapus
  2. Spexsymbol Online menjual berbagai macam koleksi softlens warna terlengkap & termurah, mulai dari merk Softlens X2, Softlens ICE, Softlens a+. Semua produk softlens yang kami jual memiliki ijin KEMENKES dari RI.

    Silahkan kunjungi website kami di www.spexsymbol.com Dapatkan Freegift, Free Voucher 25K & Free Shipping ke seluruh wilayah Indonesia untuk pembelian Softlens di Spexsymbol

    BalasHapus